News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Musda Pemhida Rayon Surabaya Madura Tahun 2023 Sukses Terlaksana

Musda Pemhida Rayon Surabaya Madura Tahun 2023 Sukses Terlaksana


Pemuda Hidayatullah  (Pemhida) Rayon Surabaya Madura, Jawa Timur menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di Kampus Utama Hidayatullah Surabaya

Acara yang digelar selama dua hari, 22-23 Juli 2023 tersebut diikuti perwakilan peserta, yang terdiri dari para pemuda Hidayatullah Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Bangkalan, Pamekasan dan Tamu undangan dari Mahasiswa STAIL (BEM, LDK, HMJ), serta pengurus PD Pemuda Hidayatullah Surabaya.

Hadir pula K.H. Abdurrahman, Pembina Hidayatullah Surabaya, Ustadz Suhadi, Kadep Organisasi DPW Hidayatullah Jatim, Ketua DPD Hidayatullah Surabaya yang diwakilkan oleh Sekretaris DPD Hidayatullah Surabaya, Ustadz Nur Huda dan ketua PW Pemuda Hidayatullah Jawa Timur. 

Acara yang dibuka oleh Ust Nur Huda tersebut, dimulai sejak pukul 20.00 dengan rangkaian acara pembukaan, Taujih Kelembagaan, Penguatan Organisasi hingga Musyawarah Daerah Rayon Surabaya Madura.

Dalam sambutanya, Ust Nur Huda mengungkapkan Pemuda Hidayatullah merupakan estafeta pelanjut perjuangan Organisasi induk Hidayatullah.

“Hidayatullah telah berusia 50 tahun maka 20 tahun hingga 25 tahun kedepan yang akan menggantikan adalah Pemhida-nya,” papar Ust Nur Huda yang juga dosen STAI Luqman Al Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya ini.

Dalam memberikan semangat kepada para pemuda beliau mengutip kisah ashabul kahfi, agar para pemuda tidak terjebak badai medsos, gelombang arus maksiat yang semakin dasyat agar tetap kokoh imannya.

" Bagi generasi muda, mari renungkan firman Allah Ta'ala dalam QS.Al-Kahfi ayat 13:

نَحۡنُ نَقُصُّ عَلَيۡكَ نَبَاَهُمۡ بِالۡحَـقِّؕ اِنَّهُمۡ فِتۡيَةٌ اٰمَنُوۡا بِرَبِّهِمۡ وَزِدۡنٰهُمۡ هُدًىۖ

“Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk”.

Dalam kesempatan yang sama, K.H. Abdurrahman yang minta memberi taujih, guna mengingatkan agar para pemuda memegang visi besarnya membangun generasi rabbani. 

Bahkan beliau mengulas terkait mars pemuda yang sebelumnya dinyanyikan bersama oleh peserta, bahwa mars tersebut adalah pengingat bagi pemuda dan perlu diwujudkan.

Lebih jauh, KH Abdurrahman, mengutip lirik Mars Pemuda Hidayatullah, yang seharusnya menjadi pedoman para kader muda. 

“Luruskan niatmu, mantapkan langkah perjuangan, kokohkan tauhidmu kokohkan, tinggikan akhlakmu tinggikan, amar ma'ruf nahi mungkar ditegakkan, kobarkan semangat dan tekadmu, Demi visi mulia, membangun generasi Rabbani hadir nyata,” ujarnya.

Inilah tantangan yang harus dijawab oleh generasi muda menghadirkan visi mulia melahirkan generasi Rabbani. Dalam paparan beliau ada lima hal yang harus dimiliki seorang Rabbani.

"Generasi yang ‘Alim dan Mutsaqqaf, Faqih, memiliki Al Bashirah bis Siyasah, Al Bashirah bi Tadbir dan  Al Qiyam bis Su’unir Ra’iyah li Mashlahatid Dunyaa Wad Diin" ulas KH Abdurrahman yang juga sebagai Murabbi Amm Wilayah Hidayatullah Jawa Timur

Keesokan harinya, tepatnya setelah Subuh berjamaah, panitia menghadirkan Bang Syahri Sauma, sebagai narasumber yang mengangkat tema mempertajam pemuda visioner, progresif beradab. 

Beliau menekankan pentingnya pemuda untuk diberikan ruang agar ide-ide dan harapan besar mampu dilakukan bersama-sama,  memberikan kesempatan agar bisa kerja team.

"Mencermati, mau membuka pikiran dan ruang luas agar orang orang yang disekitar kita tampil jadi pahlawan dalam peranan terbaiknya, bukan sebaliknya  semua hendak ditangani sendiri" ujar Ketua PW Pemuda Hidayatullah periode 2017 -2023.

Dalam Musda yang digelar dilingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah, akhirnya menetapkan Bang Choerul Mu'min sebagai Ketua PD Pemuda Hidayatullah Surabaya, Bang Muhammad Wafi Ibrahim sebagai Ketua PD Pemuda Hidayatullah Pasuruan, Bang Abd Rahman sebagai Ketua PD Pemuda Hidayatullah Sidoarjo.

Serta Bang Muhammad Mahsus, Ketua PD Pemuda Hidayatullah Bangkalan, Bang Moh. Fauzen Prajitno sebagai Ketua PD Pemuda Hidayatullah Pamekasan, dan Bang M Zali sebagai Ketua PD Pemuda Hidayatullah Pamekasan, Jawa Timur masa khidmah 2023-2026.

Untuk diketahui juga Pemuda Hidayatullah (Pemhida) merupakan organisasi pendukung yang berada di bawah naungan Hidayatullah beranggotakan pemuda usia produktif 15-35 tahun.(*Muh Faruq/Jatim)

Tags